Minggu, 22 Mei 2011

Cara Berpresentasi Dengan Baik & Benar



Aspek Volume Suara:
Dalam aspek ini yang pertama kali perlu kita perhatikan adalah aspek suara. Disini kita mesti dapat berbicara cukup keras untuk menjangkau seluruh anggota audience; namun juga tidak terlalu keras untuk mereka yang lebih dekat dengan anda. Sering kita mendengar seseorang melakukan presentasi dengan suara yang terlalu kecil (meski sudah memakai mikrofon); dan tentu saja hal ini sangat mengurangi kenyamanan para pendengar, terutama bagi mereka yang duduk jauh dari loud speaker.


Intonasi Bicara:
Selanjutnya, kita juga harus bisa mengatur intonasi bicara kita dengan penuh variasi. Hindari berbicara secara monoton dan mendatar, sebab hal ini akan segera membuat pendengar kita merasa bosan dan ngantuk. Banyak pejabat kita yang sepert ini : monoton dalam menyampaikan presentasi; dan itu hanya membikin kita bete.

Jangan, kita jangan tergelincir pada kesalahan yang sama. Berikan lebih banyak perasaaan dalam suara anda dan buatlah menjadi lebih hidup dengan mengubah intonasi anda. Jika kebetulan Anda menyelipkan cerita yang menarik ditengah presentasi Anda, maka sampaikan cerita atau kisah itu dengan intonasi yang dinamis selaras dengan isi cerita.


Pancing (ritme bicara):
Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah pancing atau ritme, irama atau kecepatan suara kita. Untuk kebanyakan dari kita, hal ini adalah biasa – namun sering hal ini sangat berbeda ketika berada didepan audiens. Kadang-kadang kita merasa gugup dan nervous, sehingga nada bicara kita menjadi terlalu cepat; atau terputus-putus dan tidak lancar. Bahkan acapkali kita mendadak lupa tentang apa yang akan kita sampaikan. Disini ritme dan irama bicara menjadi tidak teratur dan tidak mengalir dengan runtut.

Untuk menghindari hal seperti diatas, maka lakukan latihan secara reguler atau sebelum Anda hendak melakukan presentasi. Dalam latihan ini, cobalah Anda melakukan penyampaian presentasi dengan suara yang natural dan sesuai untuk point-point yang anda buat. Latihan yang secukupnya akan membuat Anda bisa melakukan presentasi riil secara lebih sistematis dan dengan ritme yang lebih teratur.

0 komentar:

Posting Komentar